Labels

Zakat Fitrah


“ Siswa-siswi SD Negeri Sukokerto 1 sedang membagikan beras zakat kepada masyarakat sekitar yang membutuhkan di bulan suci ramadhan 1430 H”


“MENSUCIKAN JIWA DENGAN MEMBAYAR ZAKAT FITRAH”

Kepekaan hati untuk selalu ikhlas dalam setiap amal tidak serta merta muncul begitu saja dalam diri manusia. Kepekaan untuk ikut merasakan apa yang dirasakan orang lain, terlebih penderitaan yang dialami oleh sesama kita yang hidup dalam kekurangan dan kepedihan tidak akan datang dalam diri begitu saja. Perlu dilatih sejak dini dan ditanamkan jauh sejak seseorang masih dalam masa awal kehidupannya.

Berlandaskan pada kenyataan tersebut diatas, SD Negeri Sukokerto 1 secara konsisten selalu menanamkan sikap dan sifat ikhlas beramal kepada semua siswa dan gurunya melalui kegiatan berzakat kepada sesama di bulan suci ramadhan bulan penuh berkah dan ampunan.

Moment ramadhan benar-benar dimanfaatkan oleh sekolah untuk melatih siswa dan gurunya agar menjadi orang-orang yang peduli tidak hanya pada dirinya sendiri namun lebih dari itu, bulan suci ini juga dijadikan momentum untuk menjadi pribadi-pribadi yang penuh cinta kasih dan kepekaan social atas apa yang dirasakan saudara muslim yang hidup dalam kekuranagan.

Semua siswa membayar zakat untuk mensucikan dirinya, sekaligus juga untuk melatih diri agar peduli pada sesame. Mereka membaur dan tanpa canggung bersentuhan langsung dengan masyarakat tidak mampu yang ada disekitar sekolahnya.

Benar-benar pengalaman spiritual dan sosial yang menyentuh hati telah ditanamkan oleh sekolah dengan satu harapan, kelak jika mereka telah menjadi orang-orang sukses akan selalu ingat bahwa disekitarnya ada golongan manusia yang membutuhkan uluran tangan dan kemurahan hati atas sebagian kecil dari rejeki yang diterimanya.