Labels

ACARA NUZULUL QUR'AN


ACARA NUZULUL QUR'AN

Acara Nuzulul Quran dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 16 September 2008 bertempat Di Halaman SD Negeri I Sukokerto yang di mulai pada jam 16.00 WIB.
Tema yang kami angkat adalah :
DENGAN NUZULUL QUR'AN
KITA TINGKATKAN MINAT BACA AL - QUR'AN
MENUJU MANUSIA YANG QUR'AN
Adapun Susunan Acara adalah :
16.00 - 16.30 Tadarus oleh siswa - siswi kelas VI
16.30 - 17.30 Pembukaan
Gema Wahyu Illahi
Laporan Ketua Panitia
Sambutan Kepala Dinas Kabupaten Probolinggo
Ceramah Agama
Do'a / Penutup
17.30 - 17.40 Ta'jil ( membatalkan puasa )
17.40 - 18.00 Sholat Magrib berjamaah
18.00 - selesai Buka bersama ( ramah tamah )


Adapun yang hadir dalam acara Nuzulul Quran adalah :
- Bpk. Supanut, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo
- Bpk. Suwari
- Habib Hasan dari MUI
- Bpk. Suparlan, Selaku Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kec. Pajarakan
- Bpk. Sumartono, Selaku Pengawas TK/SD Kec. Pajarakan
- Bpk. Sari Wijaya, Selaku Pengawas TK/SD Kec. Pajarakan
- Bpk. Lukmanul hakim, Selaku Pengawas TK/SD Kec. Pajarakan
- Ibu. Muslihatin, Selaku Pengawas TK/SD Kec. Pajarakan
- Guru - guru SD Negeri I Sukokerto
- Komite Sekolah
- Perangkat Desa
- Guru - guru PAI Sekecamatan Pajarakan
- Tokoh Masyarakat.
- Wali Murid kelas I sampai dengan kelas VI
- Siswa - siswi kelas I sampai dengan Kelas VI

SAMBUTAN BPK. SUPANUT, Selaku kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo :
Pelaksanaan Nuzulul Quran Di SDN I Sukokerto patut dijadikan contoh untuk sekolah - sekolah yang lain karna sesuai dengan tema yang diangkat " Dengan Nuzulul Quran kita tingkatkan minat baca Al - qur'an menuju manusia yang Qur'an".
Sesuai dengan Surat pertama yang diturunkan Kepada nabi Muhammad SAW "IQRO" yaitu "BACALAH" diharapkan kita sebagai umat Nabi Muhammad SAW harus meningkatkan minat baca Al - quran.
Diharapkan pada tahun yang akan datang, akan diadakan Agenda Safari Kegiatan Ramadhan yang menjadi Wadah untuk semua kegiatan - kegiatan di bulan ramadhan.
Sukses Untuk SD Negeri I Sukokerto.......

ISI CERAMAH AGAMA OLEH HABIB HASAN DARI MUI :
Menurut sabda Rassulullah SAW, didiklah anak kamu dengan 3 hal. Himbauan Nabi tersebut menginginkan punya putra – putri yang sholeh dan sholeha, dan dapat dibanggakan di Dunia dan Akhirat. Kitalah yang akan memperbanyak umat nabi Muhammad dalam 3 hal tersebut, yaitu :
1. Didik anak – anak kamu mulai dari kecil sudah mencintai Nabi Muhammad.
2. Didik anak – anak kamu mulai dari kecil sudah mencintai keluarga – keluarga nabi dan hamba – hamba nabi.
3. Didik anak – anak kamu mulai dari kecil supaya pandai membaca Al – quran sehingga mempunyai nilai tinggi dimata Allah.
Menurut Sabda Allah SWT :
“Paling afdol ibadah umatku adalah membaca Al – quran”
Kedudukan Allah dimata hambanya tidak bisa dibandingkan dengan yang lainnya, demikian juga dengan Al – quran tidak bisa dibandingkan dengan kitab – kitab yang lain.
Asal kita membaca Al – quran, benar, tahu maknanya, maka kita akan mendapatpahala yang besar. Dihitung dari membaca 1 huruf Al – quran dengan tidak mempunyai wudhu, diberi pahala 10 sama dengan yang mendengarkan, sebaliknya jika membaca 1 huruf Al – quran dengan mempunyai wudhu maka kita akn mendapat 1 pahala.
Kemudian, jika kita membaca 1 huruf Al –quran dalam pada waktu kita melakukan sholat, maka kita akn mendapt 100 pahala.
Imam Ahmad adalah hamba Allah yang sangat kuat imannya dan dia pernah bermimpi bertemu dengan Allah SWT dan dia bertanya “ Ibadah apa yang paling engkau cintai Ya Allah?” dan Allah menjawab “Ibadah membaca Al –quran, paham dia membaca atau tidak paham dia membaca pahaalnya sama saja di mata Allah.”
Pesan : - Tingkatkan minat baca Al – quran, Jadilah manusia yang Qurani, Ikutilah gerak – gerik nabi yang mengikuti tuntunan Al – quran, Akhlak nabi yang Al – quran.
Sabda ALLAH SWT “ Telah ada untuk kamu wahai umat Nabi Muhammad contoh yang bagus dalam diri Nabi Muhammad.
Mudah – mudahan acara yang dikemas demikian indah Di malam Turunnya Al – quran ( Nuzulul Quran ) kita semua ditolong oleh Allah SWT, Mudah – mudahan kita diberi berkah, berilah kami hidayah malam ini, berilah kami hidayah Al – quran, berilah kami petunjuk Al – Quran, berilah kami rasa cinta yang takdimpada nabi muhammad, semoga kami bisa berkumpul dengan nabi, berilah kami akhlak yang bagus, berkahi ramadhan tahun ini, dan berilah kami berkah dimalam Lailatul Qadar.
Amin....Amin....Amin....

Situasi dan kondisi pada Acara Nuzulul Qur'an Di Halaman SDN I Sukokerto
Setelah acara Ceramah Agama selesai, dilanjutkan dengan Sholat Magrib berjamaah dimana yang menjadi imam Adalah Habib Hasan.
Kemudian dilanjutkan dengan Acara Buka bersama, Untuk para undangan ditempatkan Digedung LRC, sedangkan untuk wali murid dan siswa ditempatkan di kelas masing - masing.
Terima Kasih atas dukungan semua pihak yang telah membantu suksesnya Acara Nuzulul Quran, dan kami minta maaf apabila masih banyak kekurangan dalam Acara yang kami gelar.