Labels

KEGIATAN 10 MUHARRAM


KEGIATAN 10 MUHARRAM 1430 HIJRIAH

Pada Hari rabu Tanggal 07 Januari 2009, SDN I Sukokerto mempunyai Kegiatan Memperingati 10 Muharram yang dilaksanakan setelah selesai ujian Akhir semester I pada jam 12.00 WIB yang diikuti oleh semua siswa - siswi SDN I Sukokerto beserta dewan guru.
Adapun susunan acara dalam kegiatan tersebut adalah :
1. Pembukaan
2. Sholat Sunnah Mutlak
3. Dzikir dan Baca Al - Quran
4. Baca Surat AL - Ikhlas 21 x
5. Membaca doa Awal tahun dan Akhir Tahun
6. Pengusapan dan Penyantunan Anak Yatim Piatu
7. Penutup.
Pembukaan diawali dengan pembacaan Al Fatihah Oleh Ibu Rosyidah selaku Guru agama SDN I Sukokerto. Acaar twersebut dilaksanakan di gedung LRC SDN I Sukokerto.


Acara yang kedua yaitu Sholat Sunnah Mutlak berjamaah yang dipimpin oleh Bpk. Amiruddin yang diikuti oleh semua siswa - siswi SDN I Sukokerto, dilanjutkan dengan doa dan dzikir serta baca Al - Quran, kemudian dilanjutkan dengan membaca surat AL - Ikhlas 21 x dan diakhiri dengan membaca doa awal tahun dan akhir tahun.
Tanggal 10 Muharram jatuh pada hari rabu tanggal 07 Januari 2009 yang merupakan salah satu bulan yang dimuliakan oleh Allah diantara bulan rajab, Bulan Syawal dan Bulan Dzulhijjah.
Pada hari kesepuluh bulan Muharram, kita disunnahkan untuk berpuasa dan yang harus kita kerjakan adalah berpuasa, baca Al - Quran, sholat mutlak. shodaqoh dan menyantuni anak yatim.



Acara yang keenam yaitu pengusapan dan penyantunan anak yatim yang dimulai pertama oleh Kepala SDN I Sukokerto yaitu Ibu. Hj. sundari, M.Pd dengan mengusap kepala anak yatim tersebut dengan membaca doa " barokallah " serta memberi santunan. Acara berjalan begitu sedihnya karena semua yang hadir ikut menangis merasakan kesedihan yang dialami oleh anak yatim yang sudah tidak mempunyai orang tua.
Jumlah anak Yatim yang ada Di SDN I Sukokerto berjumlah 12 siswa.


Setelah pengusapan oleh Kepala sekolah, dilanjutkan dengan pengusapan dan penyantunan anak yatim oleh 25 guru SDN I Sukokerto secara bergiliran.


setelah semua guru selesai, dilanjutkan oleh siswa - siswi SDN I Sukokerto yang juga ikut mengusap dan memberi santunan pada anak yatim dan juga anak tidak mampu.

setelah acara pengusaapn dan penyantunan anak yatim dilanjutkan dengan penyantunan terhadap kaum Duafa yang semuanya berjumlah 49 siswa dari kelas I samapi kelas VI.
Tidak hanya guru - guru yang memberi santunan, namun siswa - siswi yang mampu juga ikut memberi santunan.


setelah acara selesai, dilanjutkan dengan pengaraahn oleh Ibu. Hj. sundari, M.Pd yang memberi pesan supaya kita patuh terhadap orang tua kita, jangan pernah nakal dan supaya kita juga ahrus rajin belajar. Acara ini mengajarkan kepada anak - anak untuk berbuat ikhlas jika memberi sesuatu dan kita diajarkan untuk bershodaqoh terhadap anak yatim dan kaum Duafa.


acara ditutup dengan pembacaan doa oleh Bpk. Amiruddin bdan anak - anak dipersilahkan untuk pulang.
Walaupun pada waktu acara, anak - anak terlihat begitu sedih, namun pada waktu pulang kesedihan itu masih begitu nampak walaupun banyak yang mereka dapatkan dari guru dan teman - teman mereka.
Dari itu, janganlah pernah melawan kedua orang tua kita, karena orang tua itu sangatlah kita butuhkan. Kasih sayang orang tua kepada kita sepanjang masa.