Labels

Evaluasi Guru

“EVALUASI KINERJA GURU”

Guru adalah pelaku utama dalam upaya peningkatan mutu pendidikan kita. Oleh karenanya, kualitas guru menjadi sesuatu yang tak bisa dipungkiri dan harus selalu mendapatkan perhatian semua pihak. Ini tidak lain karena guru yang berkualitas akan berdampak langsung terhadap kualitas siswa sebagai output dari proses pendidikan di sekolah.

Berdasar pada kenyataan itulah maka SD Negeri Sukokerto 1 di penghujung tahun 2009, tepatnya pada bulan desember lalu, kedatangan tim pengawas TK/SD dari Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo. Mereka melakukan evaluasi dan pembinaan terhadap kinerja guru di sekolah ini.

Banyak hal dapat terekam selama kegiatan tersebut. Semua guru menyambut kegiatan tersebut dengan antusias. Hal ini dapat dilihat dari persiapan yang mereka lakukan, bukti administratif dan variabel pendukung lainnya telah jauh hari di-file-kan.

Moment paling menarik adalah saat dimana guru dan pengawas melakukan diskusi dan sharing informasi. “ Pendampingan kali ini benar-benar memberi banyak pengetahuan baru pada kami...” demikian secuil pernyataan yang disampaikan oleh Bu Sunarmi, Guru Kelas IV, mengomentari kegiatan tersebut.

Memang, salah satu agenda dalam kegiatan tersebut adalah sharing yang dilakukan oleh Tim Pengawas dan Guru SDN Sukokerto 1. Salah satu tujuannya adalah untuk melakukan evaluasi menyeluruh terhadap hasil capaian guru dalam melaksanakan tugasnya. Dalam kesempatan ini, pengawas akan memberikan masukan dan arahan yang tentunya memberi enlightment (pencerahan) dan empowerment (penguatan) kepada semua guru.

Muara dari kegiatan pendampingan tersebut adalah hanya satu. Tidak lain peningkatan kompetensi guru dan kualitas pendidikan secara menyeluruh.

Semoga!

0 comments: